Cara Kerja Lift Pada Kapal Induk

 Kapal induk mampu membawa

puluhan pesawat tempur.





Kapal induk sekelas USS Nimitz

bisa membawa 90 pesawat tempur!

Namun,

seringkali di geladak kapal,

hanya terlihat beberapa pesawat.

Kemana sisanya?

Sebagian besar pesawat yang tidak

sedang dioperasikan,

disimpan di hanggar yang terdapat

di bawah geladak.

Ketika akan digunakan,

pesawat-pesawat ini dinaikkan keatas 

geladak menggunakan elevator atau lift.

Lift pesawat pada kapal induk amerika,

saat ini umumnya berada di

bagian samping.

Namun,

ada beberapa kapal induk pada masa lalu,

yang liftnya berada di

bagian tengah.

Elevator atau Lift di bagian tengah disebut

sebagai inboard elevator,

yang berada di samping

disebut deck edge elevator.

Bagaimana cara kerja elevator atau lift 

pesawat yang terdapat pada kapal induk?

Kita akan membahasnya dalam artikel ini!



Lift pesawat pada kapal induk digunakan 

untuk menaik-turunkan pesawat terbang,

yang dibawa oleh kapal induk tersebut.

Selain lift pesawat, pada kapal induk

terdapat juga lift di bagian tengah,

yang digunakan untuk menaikkan

persenjataan dan peralatan lainnya.

Cara kerja lift pesawat,

maupun lift senjata,

tidak jauh berbeda dengan lift atau

elevator yang ada di gedung-gedung.

Hanya bentuk dan ukurannya saja

yang berbeda,

selain tentu saja kekuatannya.

Tidak mungkin mengangkat pesawat

tempur F-18,

pakai lift gedung di Sudirman Thamrin.

Bedanya lagi, lift di gedung umumnya 

menggunakan motor listrik,

sedangkan lift pesawat di kapal induk 

menggunakan tenaga hidrolik.



Mari kita lihat bagian-bagian dari lift 

pesawat di kapal induk!

Bagian pertama

adalah landasan atau platform.


Bagian ini yang bergerak

naik turun.

Landasan atau Platform

menjadi tempat bagi pesawat terbang yang 

akan dinaikkan atau diturunkan.

Ketika akan dinaikkan,

pesawat dari hangar ditarik atau didorong,

dengan towing ke landasan ini.

Posisi pesawat tentu harus diamankan 

dengan pengunci agar tidak bergerak.

Pengunci ini mengganjal

bagian roda pesawat.

Jangan sampai pesawat berharga

jutaan dollar

tercebur ke laut gara-gara lupa diganjal!

Setelah semua siap, maka lift siap

digerakkan keatas.

Sebelum bergerak, semua pengaman

semisal pagar pembatas dinaikkan.

Pagar pembatas ini berupa pipa-pipa yang 

dihubungkan dengan kawat baja.

Pagar yang dapat dinaik-turunkan

ini disebut "Deck Stanchion".

Tujuannya untuk mencegah 

ada orang berpindah

dari lantai hangar ke landasan lift 

saat bergerak.

Ingat,

safety nomor satu!

Landasan bergerak keatas dengan

ditarik kabel baja.

Kabel baja ini dipasang pada 4 titik

tumpuan pada landasan.

Kabel baja digerakkan oleh piston yang 

digerakkan oleh tenaga hidrolik.


Agar landasan tidak miring, maka kecepatan

tarik dari kabel baja ini,

harus sama persis

di ke-empat sisinya.



Untuk itu, keempat titik kabel baja

digerakkan oleh satu piston.

Jika dilihat di dalamnya...

Seluruh kabel baja ini dilewatkan rangkaian

sheave atau pulley,

dan akhirnya menyatu pada satu teromol 

yang terpasang di ujung piston hidrolik.

Teromol ini disebut sebagai cross head.

Dengan demikan...


Kecepatan gerak tiap titik tumpuan akan

selalu seragam.

Kemudian agar landasan tidak bergeser dan 

tetap lurus saat digerakkan.

Landasan ini bergerak pada rel yang 

terpasang pada badan kapal.

Antara landasan dan rel,

terdapat roller beroda,

sehingga bisa bergerak dengan mulus.

Setelah sampai diatas, maka posisi landasan

ini harus dikunci,

agar tidak berubah

sedikitpun.

Sehingga, pesawat bisa berpindah dari 

landasan elevator ke geladak

atau landas pacu.

Untuk mengunci landasan, 

digunakan Platform Lockbar.



Platform lockbar berupa batang silider baja

yang digerakkan secara hidrolik.

Pada saat landasan atau platform

berada pada posisinya,

platform lockbar ini akan bergerak maju

dan masuk pada lubang di platform elevator.

Dengan demikian, posisi landasan

akan dikunci secara stabil.

Tidak akan turun

satu centi pun.

Pada platform lockbar,

juga diberi mekanisme pengaman

menggunakan pengunci.

Lockbar tidak akan bisa bergerak maju

sebelum lantai landasan,

benar-benar berada sejajar

dengan lantai deck.



Demikian juga mesin hidrolik 

penggerak kawat baja,

tidak akan bisa bergerak sebelum

lockbar benar-benar mundur.

Saat lift diturunkan,

prosesnya juga sama.

Di posisi bawah,

juga terdapat platform lockbar,

sehingga saat pesawat dipindahkan dari 

dalam hanggar ke landasan elevator,

elevator tidak akan bergerak turun

karena beban pesawat.

Itulah cara kerja dari lift pesawat

pada kapal induk.

Sampai Jumpa!!


LINK : Lycma Mil-Tech


 

https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/apakah-kita-memerlukan-negara-untuk.html

 

https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/sejarah-italia-yang-berusaha.html

 

 

 

https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/apakah-adolf-hitler-mati-di-indonesia.html

 

 

https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/pantangan-jawa-yang-banyak-dilanggar.html

 

 

https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/tahukah-kamu-ternyata-begini-asal-usul.html

 

https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/apakah-ada-fosil-dinasaurus-di-indonesai.html

 

 

https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/pesan-makna-dalam-lagu-gundul-gundul.html

 

https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/agama-enek-moyang-suku-jawa.html

 

 

https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/teori-evolusi-menurut-sains.html

 

 

https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/5-fakta-bumi-sebelum-manusia.html

 

 

 

https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/asal-usul-jasad-dan-ruh.html

 

 

https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/asal-usul-suku-jawa.html

 

 

https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/contact-us.html

 

 

https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/2-cara-membuka-file-zip-tanpa.html

 

 

https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/media-pemutar-ringan-dan-gratis-vlc.html

 

 

https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/cara-mudah-membuat-akun-domino-bernama.html

 

 

 

https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/cara-bermain-slot-domino-higgs-agar.html

 

 

https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/jangan-salah-paham-inilah-penjelasan.html

 

 

https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/lubang-putih-luar-angkasa-apa-itu.html

 

 

https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/pengertian-malware-dan-cara.html

 

 

https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/trik-belajar-pemrograman.html

 

 

https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/rekomendasi-website-untuk-cepat-belajar.html

 

 

https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/penyebab-kode-ua-google-analytics-tidak.html

 

 

https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/mengapa-banyak-orang-memilih.html

 

 

https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/cara-cepat-menghitung-weton-tanpa-ribet.html

 

 

https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/penjelasan-singkat-mengenai-listrik.html

 

 

https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/review-dan-cara-menggunakan-aplikasi.html

 

https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/pengertian-weton-secara-singkat-dan.html

 

 

https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/apa-itu-weton-dan-manfaatnya-yang-harus.html

 

https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/cara-mempercepat-download-di-browser.html

 

 

 

https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/cara-mempercepat-kinerja-laptop-dengan.html

 

 

 

https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/cara-mematikan-windows-update-agar.html

 

 

https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/ekstensi-bermanfaat-untuk-chrome.html

 

 

 

https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/100-work-inilah-cara-mempercepat.html

 

 

 

 

 







Iklan ada di sini

Komentar