Cara Kerja Lift Pada Kapal Induk
Kapal induk mampu membawa
puluhan pesawat tempur.
Kapal induk sekelas USS Nimitz
bisa membawa 90 pesawat tempur!
Namun,
seringkali di geladak kapal,
hanya terlihat beberapa pesawat.
Kemana sisanya?
Sebagian besar pesawat yang tidak
sedang dioperasikan,
disimpan di hanggar yang terdapat
di bawah geladak.
Ketika akan digunakan,
pesawat-pesawat ini dinaikkan keatas
geladak menggunakan elevator atau lift.
Lift pesawat pada kapal induk amerika,
saat ini umumnya berada di
bagian samping.
Namun,
ada beberapa kapal induk pada masa lalu,
yang liftnya berada di
bagian tengah.
Elevator atau Lift di bagian tengah disebut
sebagai inboard elevator,
yang berada di samping
disebut deck edge elevator.
Bagaimana cara kerja elevator atau lift
pesawat yang terdapat pada kapal induk?
Kita akan membahasnya dalam artikel ini!
Lift pesawat pada kapal induk digunakan
untuk menaik-turunkan pesawat terbang,
yang dibawa oleh kapal induk tersebut.
Selain lift pesawat, pada kapal induk
terdapat juga lift di bagian tengah,
yang digunakan untuk menaikkan
persenjataan dan peralatan lainnya.
Cara kerja lift pesawat,
maupun lift senjata,
tidak jauh berbeda dengan lift atau
elevator yang ada di gedung-gedung.
Hanya bentuk dan ukurannya saja
yang berbeda,
selain tentu saja kekuatannya.
Tidak mungkin mengangkat pesawat
tempur F-18,
pakai lift gedung di Sudirman Thamrin.
Bedanya lagi, lift di gedung umumnya
menggunakan motor listrik,
sedangkan lift pesawat di kapal induk
menggunakan tenaga hidrolik.
Mari kita lihat bagian-bagian dari lift
pesawat di kapal induk!
Bagian pertama
adalah landasan atau platform.
Bagian ini yang bergerak
naik turun.
Landasan atau Platform
menjadi tempat bagi pesawat terbang yang
akan dinaikkan atau diturunkan.
Ketika akan dinaikkan,
pesawat dari hangar ditarik atau didorong,
dengan towing ke landasan ini.
Posisi pesawat tentu harus diamankan
dengan pengunci agar tidak bergerak.
Pengunci ini mengganjal
bagian roda pesawat.
Jangan sampai pesawat berharga
jutaan dollar
tercebur ke laut gara-gara lupa diganjal!
Setelah semua siap, maka lift siap
digerakkan keatas.
Sebelum bergerak, semua pengaman
semisal pagar pembatas dinaikkan.
Pagar pembatas ini berupa pipa-pipa yang
dihubungkan dengan kawat baja.
Pagar yang dapat dinaik-turunkan
ini disebut "Deck Stanchion".
Tujuannya untuk mencegah
ada orang berpindah
dari lantai hangar ke landasan lift
saat bergerak.
Ingat,
safety nomor satu!
Landasan bergerak keatas dengan
ditarik kabel baja.
Kabel baja ini dipasang pada 4 titik
tumpuan pada landasan.
Kabel baja digerakkan oleh piston yang
digerakkan oleh tenaga hidrolik.
Agar landasan tidak miring, maka kecepatan
tarik dari kabel baja ini,
harus sama persis
di ke-empat sisinya.
Untuk itu, keempat titik kabel baja
digerakkan oleh satu piston.
Jika dilihat di dalamnya...
Seluruh kabel baja ini dilewatkan rangkaian
sheave atau pulley,
dan akhirnya menyatu pada satu teromol
yang terpasang di ujung piston hidrolik.
Teromol ini disebut sebagai cross head.
Dengan demikan...
Kecepatan gerak tiap titik tumpuan akan
selalu seragam.
Kemudian agar landasan tidak bergeser dan
tetap lurus saat digerakkan.
Landasan ini bergerak pada rel yang
terpasang pada badan kapal.
Antara landasan dan rel,
terdapat roller beroda,
sehingga bisa bergerak dengan mulus.
Setelah sampai diatas, maka posisi landasan
ini harus dikunci,
agar tidak berubah
sedikitpun.
Sehingga, pesawat bisa berpindah dari
landasan elevator ke geladak
atau landas pacu.
Untuk mengunci landasan,
digunakan Platform Lockbar.
Platform lockbar berupa batang silider baja
yang digerakkan secara hidrolik.
Pada saat landasan atau platform
berada pada posisinya,
platform lockbar ini akan bergerak maju
dan masuk pada lubang di platform elevator.
Dengan demikian, posisi landasan
akan dikunci secara stabil.
Tidak akan turun
satu centi pun.
Pada platform lockbar,
juga diberi mekanisme pengaman
menggunakan pengunci.
Lockbar tidak akan bisa bergerak maju
sebelum lantai landasan,
benar-benar berada sejajar
dengan lantai deck.
Demikian juga mesin hidrolik
penggerak kawat baja,
tidak akan bisa bergerak sebelum
lockbar benar-benar mundur.
Saat lift diturunkan,
prosesnya juga sama.
Di posisi bawah,
juga terdapat platform lockbar,
sehingga saat pesawat dipindahkan dari
dalam hanggar ke landasan elevator,
elevator tidak akan bergerak turun
karena beban pesawat.
Itulah cara kerja dari lift pesawat
pada kapal induk.
Sampai Jumpa!!
LINK : Lycma Mil-Tech
https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/apakah-kita-memerlukan-negara-untuk.html
https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/sejarah-italia-yang-berusaha.html
https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/apakah-adolf-hitler-mati-di-indonesia.html
https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/pantangan-jawa-yang-banyak-dilanggar.html
https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/tahukah-kamu-ternyata-begini-asal-usul.html
https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/apakah-ada-fosil-dinasaurus-di-indonesai.html
https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/pesan-makna-dalam-lagu-gundul-gundul.html
https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/agama-enek-moyang-suku-jawa.html
https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/teori-evolusi-menurut-sains.html
https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/5-fakta-bumi-sebelum-manusia.html
https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/asal-usul-jasad-dan-ruh.html
https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/asal-usul-suku-jawa.html
https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/contact-us.html
https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/2-cara-membuka-file-zip-tanpa.html
https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/media-pemutar-ringan-dan-gratis-vlc.html
https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/cara-mudah-membuat-akun-domino-bernama.html
https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/cara-bermain-slot-domino-higgs-agar.html
https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/jangan-salah-paham-inilah-penjelasan.html
https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/lubang-putih-luar-angkasa-apa-itu.html
https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/pengertian-malware-dan-cara.html
https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/trik-belajar-pemrograman.html
https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/rekomendasi-website-untuk-cepat-belajar.html
https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/penyebab-kode-ua-google-analytics-tidak.html
https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/mengapa-banyak-orang-memilih.html
https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/cara-cepat-menghitung-weton-tanpa-ribet.html
https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/penjelasan-singkat-mengenai-listrik.html
https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/review-dan-cara-menggunakan-aplikasi.html
https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/pengertian-weton-secara-singkat-dan.html
https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/apa-itu-weton-dan-manfaatnya-yang-harus.html
https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/cara-mempercepat-download-di-browser.html
https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/cara-mempercepat-kinerja-laptop-dengan.html
https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/cara-mematikan-windows-update-agar.html
https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/ekstensi-bermanfaat-untuk-chrome.html
https://faridcsv.blogspot.com/2022/01/100-work-inilah-cara-mempercepat.html
Komentar